Pecahan Senilai | Ukg (Uji Kompetensi Guru)

Pecahan Senilai. Pecahan senilai biasa disebut juga pecahan ekivalen. Pengertian dari pecahan senilai sanggup kita gambarkan dengan dongeng berikut ini. Ibu Luna menciptakan sebuah roti yang besar, sebagian roti tersebut lalu dipotong dan dibagikan kepada semua anggota keluarganya yang terdiri atas empat orang. 1/8 bab diberikan kepada Linda, 1/8 bab yang lain diberikan kepada Lusi, adik Linda, ayah dan ibu Linda juga masing-masing
mendapat 1/8 bagian. 

Sisa roti yang belum dipotong, menyerupai yang terlihat pada gambar, tinggal 1/2 bab dari besar roti mula-mula. Dapat dilihat pada gambar, jikalau semua roti yang sudah dipotong disatukan, besarnya sama dengan sisa puding yang belum dipotong.

Untuk memperlihatkan pemahaman ihwal pecahan senilai sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara, antara lain dengan memakai peragaan kertas, garis bilangan pecahan, dan dengan tabel pecahan.

a. Peragaan dengan kertas
Misal kita akan memperlihatkan pola bahwa 1/2 = 2/4 = 4/8 dengan memakai 3 lembar kertas yang berbentuk persegipanjang. Anggap selembar kertas itu sebagai 1 bab utuh. Satu lembar kertas dilipat menjadi 2 bab yang sama, setiap bab mewakili bilangan 1/2. Kemudian 1 lembar yang lain dilipat menjadi 2 bab yang sama, sehingga bab yang
mewakili 1/2 tadi menjadi 2/4. Bila digambarkan lipatan-lipatan tersebut sebagai berikut.
Pada gambar di atas tampak terang bahwa 1/2 senilai dengan 2/4 dan 4/8, sehingga 1/2 =2/4 = 4/8
b. Peragaan dengan garis bilangan
Pecahan senilai sanggup pula ditunjukkan dengan memakai alat peraga garis bilangan. Berikut ini ditunjukkan beberapa pecahan senilai dengan memakai garis bilangan, yang digambarkan pada kertas berpetak.
c. Peragaan dengan tabel pecahan
Pecahan yang senilai dengan 1/4 sanggup diperoleh dengan cara mengubah pecahan 1/4 menjadi 2/8, 3/12 dan seterusnya. Untuk mempermudah ekspansi pecahan ini sanggup dipakai media tabel perkalian.
Kegiatan dilanjutkan untuk mencari pecahan-pecahan senilai yang lain. Dari peragaan sanggup disimpulkan bahwa untuk mencari pecahan yang senilai sanggup dilakukan dengan cara mengalikan/membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama, tetapi tidak nol.
Kesimpulan : pecahan senilai sanggup dicari dengan cara mengalikan/membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama

Comments

Popular posts from this blog

Jaringan Tema Kelas I | Kurikulum

Pemasangan Tkk | Pramuka

Masa Praaksara | Ips