Peta Bahan Bahasa Indonesia Sd | Kurikulum

Peta Materi Bahasa Indonesia SD. Peta materi pembelajaran matematika SD pada Kurikulum 2013 terang ada perbedaanya dengan kurikulum KTSP. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik penerima didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu matapelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
  1. kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan
    KI-1;
  2. kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
  3. kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
  4. kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
Pengelompokkan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 untuk kelas I hingga dengan kelas VI sanggup anda lihat pada tabel di bawah ini. Pengelompokkan kompetensi dasar ibarat tersebut di atas yaitu sebagai berikut.
Kelas I
No.
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.
Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
    1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana mencar ilmu di tengah keberagaman bahasa daerah
    1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan insan dan bahasa yang bermacam-macam serta benda-benda di alam sekitar
    2.
    Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
    2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
    2.2 Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan badan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
    2.3 Memiliki sikap santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
    2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat badan biar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
    2.5 Memiliki sikap santun dan jujur dalam hal aktivitas dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
    3.
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
    3.1 Mengenal teks deskriptif perihal anggota badan dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta insiden siang dan malam dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
    3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan perihal perawatan badan serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran badan dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
    3.3 Mengenal teks terima kasih perihal sikap kasih sayang dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
    3.4 Mengenal teks dongeng diri/personal perihal keberadaan keluarga dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
    3.5 Mengenal teks diagram/label perihal anggota keluarga dan kerabat dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
    4.

    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
    4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif perihal anggota badan dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta insiden siang dan malam secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
    4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk perihal merawat badan serta kesehatan dan kebugaran badan secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
    4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
    4.4 Menyampaikan teks dongeng diri/personal perihal keluarga secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
    4.5 Membuat teks diagram/label perihal anggota keluarga dan kerabat secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
    Kelas II
    No.
    Kompetensi Inti
    Kompetensi Dasar
    1.
    Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
      1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana mencar ilmu di tengah keberagaman bahasa daerah
      1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan binatang dan tumbuhan
      2.
      Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
      2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
      2.2 Memiliki sikap santun dan jujur dalam hal aktivitas dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
      2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
      2.4 Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan alam dan penampakannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
      2.5 Memiliki sikap santun dan jujur dalam percakapan perihal hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
      3.
      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
      3.1 Mengenal teks laporan sederhana perihal alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
      3.2 Mengenal teks dongeng narasi sederhana aktivitas dan bermain di lingkungan dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
      3.3 Mengenal teks buku harian perihal aktivitas anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
      3.4 Mengenal teks lirik puisi perihal alam semesta dan penampakannya dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
      3.5 Mengenal teks undangan maaf perihal sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
      4.

      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
      4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana perihal alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
      4.2 Memperagakan teks dongeng narasi sederhana perihal aktivitas dan bermain di lingkungan secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
      4.3 Mengungkapkan teks buku harian perihal aktivitas anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
      4.4 Melantunkan dan menyajikan teks lirik puisi perihal alam semesta dan penampakannya secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
      4.5 Menggunakan teks undangan maaf perihal sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan sahabat secara berdikari bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
      Kelas III
      No.
      Kompetensi Inti
      Kompetensi Dasar
      1.
      Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
        1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana mencar ilmu di tengah keberagaman bahasa daerah
        1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
        2.
        Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
        2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
        2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat binatang dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
        2.3 Memiliki sikap santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan sosial di tempat melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
        2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
        2.5 Memiliki kepedulian terhadap kehidupan binatang dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
        3.
        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
        3.1 Menggali isu dari teks laporan informatif hasil observasi perihal perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
        3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk perihal perawatan binatang dan tumbuhan, serta daur hidup binatang dan pengembangbiakan tumbuhan dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
        3.3 Mengemukakan isi teks surat balasan eksklusif perihal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di tempat dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
        3.4 Menggali isu dari teks dongeng perihal kondisi alam dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
        3.5 Menggali isu dari teks permainan/dolanan tempat perihal kehidupan binatang dan tumbuhan dengan derma guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
        4.

        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
        4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi perihal perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara berdikari dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian.
        4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk perihal perawatan binatang dan tumbuhan serta daur hidup binatang dan pengembangbiakan tumbuhan secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
        4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat balasan eksklusif perihal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di tempat secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
        4.4 Menyampaikan teks dongeng perihal kondisi alam dalam bentuk permainan tugas secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
        4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/dolanan tempat perihal kehidupan binatang dan tumbuhan secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
        Kelas IV
        No.
        Kompetensi Inti
        Kompetensi Dasar
        1.
        Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
          1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana mencar ilmu untuk memperoleh ilmu pengetahuan
          1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
          2.
          Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
          2.1 Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
          2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
          2.3 Memiliki sikap santun dan jujur perihal jenis-jenis perjuangan dan aktivitas ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
          2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
          2.5 Memiliki sikap jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
          3.
          Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
          3.1 Menggali isu dari teks laporan hasil pengamatan perihal gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
          3.2 Menguraikan teks instruksi perihal pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
          3.3 Menggali isu dari teks wawancara perihal jenis-jenis perjuangan dan pekerjaan serta aktivitas ekonomi dan koperasi dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
          3.4 Menggali isu dari teks dongeng petualangan perihal lingkungan dan sumber daya alam dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
          3.5 Menggali isu dari teks ulasan buku perihal nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
          4.

          Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
          4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan perihal gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
          4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk perihal pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
          4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara perihal jenis-jenis perjuangan dan pekerjaan serta aktivitas ekonomi dan koperasi secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
          4.4 Menyajikan teks dongeng petualangan perihal lingkungan dan sumber daya alam secara berdikari dalam teks bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
          4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku perihal nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
          Kelas V
          No.
          Kompetensi Inti
          Kompetensi Dasar
          1.
          Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
            1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul, daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
            1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
            2.
            Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
            2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap masakan dan rantai masakan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
            2.2 Memiliki sikap jujur dan disiplin perihal proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota badan (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
            2.3 Memiliki sikap santun dan jujur serta bertanggung jawab dan disiplin perihal ekspor impor sebagai aktivitas ekonomi antarbangsa melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
            2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap musibah dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
            2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air perihal nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
            3.
            Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berda sarkan rasa ingin perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
            3.1 Menggali isu dari teks laporan buku perihal masakan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan efek aktivitas insan dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
            3.2 Menguraikan isi teks klarifikasi perihal proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota badan (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
            3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan perihal ekspor impor sebagai aktivitas ekonomi antarbangsa dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
            3.4 Menggali isu dari teks pantun dan syair perihal musibah serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
            3.5 Menggali isu dari teks dongeng narasi sejarah perihal nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
            4.

            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
            4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku perihal masakan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan efek aktivitas insan secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
            4.2 Menyampaikan teks klarifikasi perihal proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota badan (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
            4.3 Menyajikan teks paparan iklan perihal ekspor impor sebagai aktivitas ekonomi antarbangsa secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
            4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair perihal musibah serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
            4.5 Mengolah dan menyajikan teks dongeng narasi sejarah perihal nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
            Kelas VI
            No.
            Kompetensi Inti
            Kompetensi Dasar
            1.
            Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
              1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
              1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
              2.
              Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
              2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab perihal ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
              2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu perihal perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
              2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat tempat melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
              2.4 Memiliki kesetiaan, dan pujian terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
              3.
              Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ing in tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
              3.1 Menggali isu dari teks laporan pemeriksaan perihal ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan derma guru dan sahabat dalam ahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
              3.2 Menguraikan isi teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah perihal penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
              3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif perihal cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat tempat dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
              3.4 Menggali isu dari teks dongeng fiksi sejarah perihal keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
              4.

              Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerm inkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
              4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan pemeriksaan perihal ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta adonan dan larutan secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
              4.2 Menyajikan teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah perihal penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku
              4.3 Menyampaikan teks pidato persuasif perihal cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat tempat secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
              4.4 Mengolah dan menyajikan teks dongeng fiksi sejarah perihal keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku

              Comments

              Popular posts from this blog

              Jaringan Tema Kelas I | Kurikulum

              Pemasangan Tkk | Pramuka

              Masa Praaksara | Ips