Soal Ukk Bahasa Indonesia Kelas Iv | Soal

5.1 Menyampaikan kembali isi  pengumuman yang dibacakan
5.2 Menirukan pembacaan pantun anak  dengan lafal dan intonasi yang sempurna  
6.1 Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
7.1 Menemukan kalimat utama  pada tiap paragraf melalui membaca intensif    
7.2 Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat 
7.3 Membaca pantun anak  secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
8.1 Menyusun  karangan wacana banyak sekali topik sederhana dengan memperhatikan  
        penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.) 
8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan 
        penggunaan ejaan 
8.3 Membuat pantun anak yang menarik wacana banyak sekali tema (persahabatan, ketekunan, 
        kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun
A. Pilihlah jawaban yang sempurna !
Wacana untuk soal no 1-3 
Pengumuman 
Dalam rangka menjaga kebersihan sekolah, akan diadakan kerja bakti di lingkungan pada hari Sabtu, 6 Mei 2012, dibutuhkan semua warga sekolah ikut serta. Anak pria diminta membawa sabit atau cangkul, sedangkan anak wanita diminta membawa sapu lidi atau ijuk dan keranjang sampah. Kelas I, IV dan VI bertugas membersihkan lingkungan depan sekolah. Kelas II, III dan V membersihkan lingkungan belakang sekolah. Kerja bakti berlangsung pukul 08.00 hingga 10.30 Wib. 
Ttd (Kepala Sekolah) 
1. Tema pada pengumuman di atas ialah : 
  • a. Kebersihan 
  • c. Kerja bakti 
  • b. Lingkungan 
  • d. Membawa sabit atau cangkul 
Tema pengumuman di atas ialah kebersihan
2. Pikiran utama dalam pengumuman diatas ialah : 
  • a. Kerja bakti 
  • b. Kebersihan sekolah 
  • c. Membawa sabit atau cangkul 
  • d. Pada hari Sabtu 
Pikiran utama pengumuman di atas adalah kebersihan sekolah
3. Pengumuman di atas ditujukan kepada : 
  • a. Masyarakat
  • b. Guru-guru  
  • c. Siswa 
  • d. Warga Sekolah
Pengumuman di atas ditujukan kepada warga sekolah.
Berakit-rakit/ ke hulu,//
berenang-renang/ ke tepian.//
Bersakit-sakit/ dahulu,//
bersenang-senang/ kemudian.//
4.Tanda / pada pemenggalan pantun terserbut artinya.
  • a. berhenti sebentar
  • b. berhenti lama
  • c. intonasi naik
  • d. intonasi turun 
tanda / artinya berhenti sebentar
tanda // artinya berhenti lama 
5. Perhatikan pantun rumpang di bawah ini !
....
....
Berdoalah setiap hari,
agar selamat sepanjang jalan.
Sampiran yang sempurna untuk melengkapi pantun di atas ialah ....
a. Bunga mawar bunga berduri,
    tumbuh indah di tengah taman.
b. Bunga mawar bunga melati,
    siapa saja bisa menanam.
c. Ayo kita bertanam melati,
    semoga taman menjadi asri.
d. Bunga mawar bunga melati,
    sungguh indah menawan hati. 
Jawaban: a
Pantun bersajak ab ab. Pantun di atas menjadi:
Bunga mawar bunga berduri,
tumbuh indah di tengah taman.
Berdoalah setiap hari,
6. Perhatikan kalimat di bawah ini !
    1) Rumpun buluh dibentuk pasar, 
    2) Maklumlah saya belum belajar, 
    3) cempedak dikerat-kerati.
    4) jadi saya belum mengerti.
Jika baris-baris tersebut disusun menjadi sebuah pantun, maka urutan yang sempurna ialah ....
  • a. 1) - 3) - 2) - 4)
  • b. 1) - 2) - 3) - 4)
  • c. 2) - 4) - 1) - 3)
  • d. 2) - 4) - 3) - 1) 
Jawaban: a
Susunan yang benar adalah 
1) Rumpun buluh dibentuk pasar,  
3) cempedak dikerat-kerati.
2) Maklumlah saya belum belajar, 
4) jadi saya belum mengerti. 
7. Perhatikan teks berikut !
Meskipun menjadi juara kelas, Hani tidak sombong. Ia tetap mau bergaul dengan semua sahabat di kelasnya, meskipun sahabat yang bodoh. Bahkan  ia mau membantu teman-temannya jikalau ada yang kesulitan dalam belajar. 
Ungkapan yang menggambarkan tabiat Hani ialah ....
  • a. besar hati
  • b. tinggi hati
  • c. rendah hati
  • d. buah hati 
Jawaban: c
Rendah hati artinya tidak sombong. 
8.Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pantun di atas ialah ....
     a. Kalau puan-puan utama,
         ambillah gelas di dalam peti.
     b. Di sini kosong di sana kosong,
         tak ada batang tembakau.
     c. Berburu ke padang datar,
        menerima rusa belang kaki.
     d. Anak buaya di dalam tong,
         ikan lele main di rawa.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pantun di atas adalah di sini kosong di sana kosong, tak ada batang tembakau
9. Perhatikan pantun berikut !
     Berakit-rakit ke hulu, 
     berenang-renang ke tepian. 
     Sungguh senang sanggup sahabat baru, 
     banyak sahabat menyenangkan. 
Jika kita berbalas pantun, maka pantun yang sesuai untuk membalas pantun di atas 
      ialah ....
      a. Berakit-rakit ke hulu, 
          berenang-renang ke tepian. 
          Bersakit-sakit dahulu, 
          bersenang-senang kemudian.
      b. Bersenang-senang di Sungai Baru, 
          tidak lupa memancing ikan, 
          Bila sanggup sahabat yang baru, 
          sahabat usang jangan dilupakan
      c. Ikan pari membawa labu, 
          ikan emas di tepi kali. 
          Bolehlah sahabat lupa padaku, 
          asal besok ingat kembali.
      d. Naik delman keliling kota,
          sambil bernyanyi bertepuk tangan. 
          Mari mitra kita berkarya, 
          jangan hanya berpangku tangan. 
Ketika berbalas pantun, maka pantun yang diucapkan untuk membalas temanya harus sama dan isinya berkaitan dengan pantun lawan bicara. 
Bersenang-senang di Sungai Baru, 
tidak lupa memancing ikan, 
Bila sanggup sahabat yang baru, 
teman usang jangan dilupakan

10. Perhatikan pantun di bawah ini !
      Bunga kenanga di atas kubur,
      pucuk sari pandan jawa.
      Apa guna sombong dan takabur,
      rusak hati tubuh binasa.
Pantun tersebut termasuk jenis pantun ....
  • a. jenaka
  • b. remaja
  • c. anak-anak
  • d. nasihat 
Pantun di atas berisi pesan yang tersirat semoga kita tidak sombong dan takabur, maka pantun tersebut termasuk pantun nasihat. 
11. Perhatikan percakapan telepon berikut ini !
Dino: ”Halo, selamat malam.”
Mita : "Selamat malam. Saya Mila, apakah bisa bicara dengan Nisa?"
Dino  : "Wah, sayang sekali Nisa tidak ada di rumah."
Mita: "Sampaikan kepada Nisa saja. Tadi sore ketika belajar 
            kelompok, buku Bahasa 
            Indonesianya  ketinggalan di rumahku. Aku takut Nisa cemas mencarinya karena 
            besok buku ini   harus dibawa ke sekolah."
Dino : "Baiklah, nanti akan saya sampai­kan."
Mita : "Terima kasih, selamat malam."
Dino : "Selamat malam."
Isi percakapan telepon tersebut ialah ....
  • a. Nisa harus membawa buku Bahasa Indonesia ketika sekolah.
  • b. Mita menyuruh Dino semoga membawa buku ketika ke sekolah.
  • c. Mita ingin meminjam buku Bahasa Indonesia milik Nisa.
  • d. Buku teks Bahasa Indonesia milik Nisa ketinggalan di rumah Mita. 
Penelepon : Mita
Penerima telepon : Dino
Pesan ditujukan kepada:  Nisa
Isi pesan : Buku pelajaran Bahasa Indonesia Nisa ketinggalan di rumah Mita.
12. Kalimat yang sempurna untuk mengakhiri percakapan telepon ialah ....
  • a. Baiklah nanti saya akan ke rumahmu.
  • b. Jangan lupa, saya akan menumggumu.
  • c. Baiklah Rin, hingga jumpa besok pagi.
  • d. Maaf, saya panggilkan dulu ya. 
Kalimat c merupakan kalimat epilog yang tepat, lantaran menggunakan kalimat "sampai jumpa besok pagi" 

13. Perhatikan pecakapan telepon berikut !
Tomi : "Halo, Assalamualaikum. Saya Tomi bisa bicara dengan Bayu?"
Novi   : "Waalaikumsalam Tomi. Ini Novi, kak Bayu belum pulang dari sekolah."
Tomi : "Saya mau pinjam buku IPA. Tolong sampaikan ke Bayu ya, Nov."
Novi   : "Iya, nanti saya sampaikan."
Tomi : "Terimakasih Novi. Assalamualaikum."
Novi   : "Waalaikumsalam."
Pesan Tomi kepada Novi ialah ....
  • a. Tomi mau tiba ke rumah Novi.
  • b. Tomi ingin meminjam buku IPA milik Bayu.
  • c. Tomi mau meminjam buku.
  • d. Bayu diminta ke rumah Tomi. 
Isi pesan sanggup diketahui dari perkataan Tomi : "Saya mau pinjam buku IPA. Tolong 
sampaikan ke Bayu ya, Nov." 
14. Orang yang congkak tidak mempunyai teman.
      Lawan kata congkak ialah ....
  • a. besar kepala
  • b. tinggi hati
  • c. rendah hati
  • d. rendah diri 
Jawaban: c
- congkak artinya sombong, angkuh
- angkuh artinya sombong
- tinggi hati artinya sombong
- rendah hati artinya tidak sombong
- rendah diri artinya tidak percaya diri
Jadi, lawan kata congkak ialah rendah hati. 

Penduduk Indonesia populer dengan acara gotong-royong. Gotong royong berarti mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. Dengan gotong royong, selain pekerjaan cepat selesai, rasa persaudaraan juga terpenuhi.
15. Kalimat utama paragraf di atas ialah ....
  • a. Gotong royong menciptakan pekerjaan menjadi ringan.
  • b. Penduduk Indonesia populer dengan acara gotong-royong.
  • c. Dengan gotong-royong, pekerjaan cepat selesai.
  • d. Dengan gotong-royong, rasa persaudaraan terpenuhi. 
Kalimat utama berisi inti pikiran utama yang akan dikembangkan. Kalimat utama paragraf di atas terletak pada kalimat pertama. Kalimat kedua dan ketiga berfungsi sebagai penjelas kalimat utama. 
16. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini !
      1) Pak Hendra suka membantu orang di sekelilingnya. 
      2) Beliau pernah memperlihatkan tabungannya sebesar 10 juta rupiah untuk beasiswa. 
      3) Uang itu dia sumbangkan ke rekening Yayasan Pendidikan Bumi Makmur. 
      4) Uang itu dipakai untuk beasiswa bagi murid-murid yang tidak mampu.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
  • a. 1)
  • b. 2)
  • c. 3)
  • d. 4) 
Kalimat utama ialah kalimat yang berisi inti pikiran utama yang akan dikembangkan. Kalimat utama paragraf di atas ialah 1) Pak Hendra suka membantu orang di sekelilingnya. Kalimat kedua, ketiga, dan keempat merupakan kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskan kalimat utama. 

17. Bacalah teks berikut !
     Tajin merupakan masakan yang anggun dan aman. Tajin kalau diminum bisa menyehatkan badan. Selain mengandung vitamin B, tajin juga mengandung karbohidrat. Kandungan gizi tajin semakin lengkap jikalau ditambahkan susu kedelai lantaran susu kedelai mengandung protein yang tinggi.
Kalimat utama paragraf tersebut ialah ....
  • a. Tajin menyehatkan tubuh kalau diminum.
  • b. Tajin mengandung vitamin B dan karbohidrat.
  • c. Tajin mengandung protein yang tinggi.
  • d. Tajin merupakan masakan yang anggun dan aman. 
Kalimat utama ialah kalimat yang berisi inti pikiran utama yang akan dikembangkan. Kalimat utama paragraf di atas terletak pada kalimat: Tajin merupakan masakan yang anggun dan aman. Kalimat yang lain merupakan kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskan kalimat utama. 

18. Perhtikan pengumuman di bawah ini !
Pengumuman 
Tata tertib Ujian Semester SD :
1. Peserta ujian wajib tiba di sekolah 10 menit sebelum ujian di mulai. 
2. Peserta ujian wajib meletakkan tas dan buku di depan kelas. 
3. Peserta ujian wajib membawa kartu ujian. 
4. Peserta ujian wajib menempati tempat duduk sesuai dengan nomor ujian yang tertera 
    pada meja. 
5. Peserta ujian tidak diperbolehkan pinjam meminjam alat tulis. 
Maksud dari isi teks no.3 ialah : 
  • a. Peserta ujian wajib meletakkan tas dan buku di depan kelas 
  • b. Peserta ujian wajib menempati tempat duduk sesuai dengan nomor ujian yang tertera pada meja. 
  • c. Peserta ujian wajib membawa kartu ujian. 
  • d. Peserta ujian tidak diperbolehkan pinjam meminjam alat tulis. 
Peserta ujian wajib membawa kartu ujian 
19. Isi pengumuman harus bersifat …… 
  • a. Padat dan jelas 
  • b. Jelas dan singkat 
  • c. Padat, singkat dan tepat. 
  • d. Jelas dan padat.
Lihat mentari ketika petang,
sungguh indah dipandang mata.
 ....
 ....
20. Baris yang sempurna untuk melengkapi pantun di atas ialah ....
    a. Melihat ibu sudah datang,
        hati cemas jadi gembira.
    b. Ayah bunda cobalah lihat,
        adik menangis ingin mainan.
    c. Melihat bunda pulang lekas,
        hatiku senang bukan kepalang.
    d. Bunda, kita pergi ke sawah,
        adik di rumah tak berkawan. 
Pantun bersajak ab ab. Pantun di atas jikalau dilengkapi menjadi:
Lihat mentari ketika petang,
sungguh indah dipandang mata.
Melihat ibu sudah datang,
hati cemas jadi gembira. 
Kalau kita pergi ke pasar, 
jangan lupa membeli cabai. 
Kalau kita rajin belajar, 
cita-cita niscaya tercapai. 
21. Pantun di atas termasuk jenis pantun ....
  • a. agama
  • b. suka-cita
  • c. nasihat
  • d. perkenalan 
Isi pantun tersebut ialah menasihati pembacanya supaya berguru semoga keinginan tercapai. 
22. Tujuan yang ingin dicapai dalam membaca pantun ialah ....
  • a. untuk memperoleh keindahan yang bersumber dari bahasa
  • b. supaya sanggup dinikmati orang lain
  • c. untuk memperoleh kebanggaan dari orang lain
  • d. untuk melatih kekuatan ingatan dan pikiran 
Tujuan membaca pantun ialah untuk memperoleh keindahan yang bersumber dari bahasa. 
Janganlah kau menyesali nasib,
Hidup damai rasa bahagia.
Jadi orang haruslah tertib,
Agar terhindar celaka di jalan raya.
23. Perhatikan kalimat berikut !
Ima menjadi bintang kelas pada tahun ini.
Kalimat berikut ini yang bermakna sama dengan kalimat di atas ialah ....
  • a. Ima berhasil menjadi juara ketiga di kelasnya.
  • b. Tahun ini Ima berhasil naik kelas.
  • c. Ima memperoleh peringkat kelas tahun ini.
  • d. Tahun ini Ima menempati peringkat pertama. 
Ungkapan bintang kelas artinya menerima peringkat pertama di kelas. 
24. Perhatikan teks berikut !
Lampu penerangan jalan di Jalan Sudirman padam. Sepanjang jalan ini terlihat gelap. Padahal Jalan Sudirman merupakan jalur alternatif. Tidak jarang pada malam hari kecelakaan sering terjadi lantaran ada pengguna jalan lain yang menyeberang melalui sela-sela jalan.
Pokok pikiran paragraf tersebut ialah ....
  • a. Sering terjadinya kecelakaan di Jalan Jenderal Sudirman.
  • b. Jalur Sudirman merupakan jalur alternatif.
  • c. Kecelakaan disebabkan oleh penyeberang jalan.
  • d. Lampu penerangan jalan di Jalan Sudirman padam. 
Ide pokok paragraf terkandung dalam kalimat utama. Kalimat utama paragraf tersebut ialah "Lampu penerangan jalan di Jalan Sudirman padam". Kalimat berikutnya merupakan pikiran penjelas atau pengembangan dari kalimat utama. 
25. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini !
      1)  Rani, Tita, dan Adi sedang berguru kelompok.
      2)  Mereka berguru di rumah Tita.
      3)  Ketiga anak tersebut mempunyai semangat berguru yang tinggi.
      4) Mereka menyadari bahwa pendidikan itu penting.
Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
  • a. 1)
  • b. 2)
  • c. 3)
  • d. 4) 
Kalimat utama: 1)  Rani, Tita, dan Adi sedang berguru kelompok.
Kalimat utama ialah kalimat yang berisi inti pikiran utama yang akan dikembangkan. Kalimat yang lain ialah kalimat penjelas, yang fungsinya menjelaskan kalimat utama. 

26. Perhatikan kalimat-kalimat berikut !
      1) Olahraga sanggup menjadikan tubuh bugar. 
      2) Olahraga juga sanggup menjadikan tubuh lebih sehat dan kuat. 
      3) Selain itu, olahraga juga menciptakan otot tubuh mengendur. 
      4) Olahraga mempunyai banyak manfaat.
Kalimat utama paragraf di atas terletak pada kalimat ....
      a. 1)
      b. 2)
      c. 3)
      d. 4) 
Kalimat utama ialah kalimat yang berisi inti pikiran utama yang akan dikembangkan. Kalimat utama paragraf di atas terletak pada kalimat keempat: Olahraga mempunyai banyak manfaat. Kalimat  1), 2), 3) ialah kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskan kalimat utama yaitu beberapa tumpuan manfaat olahraga.
27. Perhatikan pantun berikut !
      Ke pasar membeli buah manggis,
      membeli manggis dengan mertua
      Ibu ingin mempunyai anak gadis, 
      semoga sanggup membantu orang tua
Maksud dari pantun tersebut ialah ....
  • a. Seorang ibu ingin membeli manggis bersama mertuanya.
  • b. Ibu ingin sekali membeli manggis dengan anak gadis.
  • c. Ibu yang ingin mempunyai anak gadis semoga sanggup membantu pekerjaannya.
  • d. Seorang ibu yang ingin dibelikan manggis oleh anak gadisnya. 
Isi pantun ada pada baris ke-3 dan ke-4 
28. Yang perlu diperhatikan ketika membalas pantun ialah ....
  • a. isi pantun harus sama dengan pantun yang dilontarkan
  • b. potongan sampiran dan isi harus sama dengan pantun awal
  • c. berisi jawaban dari pantun yang dilontarkan
  • d. pantun asal, yang penting bersajak a-b-a-b
Berbalas pantun ialah menjawab pantun yang dilontarkan oleh teman. Pantun harus saling berkaitan. 
29. Kegiatan berbalas pantun sebaiknya dilakukan dalam suasana ....
  • a. sedih
  • b. riang gembira
  • c. saling mendendam
  • d. penuh emosi 
Kegiatan berbalas pantun dengan sahabat sebaiknya dilakukan dalam suasana ruang gembira. 
Kuda poni tarik pedati, 
bawa watu bata dan pasir, 
Buang sampah jangan di kali, 
agar terhindar dari banjir. 
30.Tema pantun di atas ialah ....
  • a. kasih sayang
  • b. lingkungan
  • c. kesehatan
  • d. Ketuhanan 
Dilihat dari isinya, pantun tersebut bertema lingkungan lantaran berisi pencegahan banjir. Tema pantun ialah lingkungan 
31. Penggunaan tanda titik dua (:) yang sempurna terdapat dalam kalimat ....
  • a. Aku membeli buah-buahan: mangga, jambu, dan melon.
  • b. Ketua panitia lomba melukis dan mewarnai itu: Guntur Sambudi
  • c. Ayah akan membeli: meja, kursi, dan lemari.
  • d. Perjalanan itu ditempuh selama: 2 jam. 
Tanda titik dua dipakai pada simpulan suatu pernyataan lengkap jikalau diikuti rangkaian atau pemerian. Kata umum disebutkan terlebih dahulu kemudian diikuti kata khususnya atau perinciannya. Contoh: Aku membeli buah-buahan: mangga, jambu, dan melon. Buah-buahan merupakan kata umum, kata khususnya ialah mangga, jambu, dan melon. 
32. Penulisan dengan angka yang benar untuk bilangan dua ribu tiga ratus lima puluh sen 
    ialah ....
  • a. Rp2.300,50
  • b. Rp2.350,00
  • c. Rp 2.300,50
  • d. Rp 2.350,00 
Penulisan bilangan dua ribu tiga ratus lima puluh sen ialah Rp2.300,50
Penulisan Rp dan angka tidak dispasi. 
Kiki menyeberangi jalan raya dengan .... 
33. Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat di atas ialah ....
  • a. seksama
  • b. hati-hati
  • c. bus
  • d. keras 
Kiki menyeberangi jalan raya dengan hati-hati.  dengan hati-hati pada kalimat di atas menyatakan keterangan cara. 
34. ... letak Candi Borobudur?
      Kata tanya yang sempurna untuk melengkapi kalimat di atas ialah ....
  • a. kapan
  • b. di mana
  • c. mengapa
  • d. berapa 
Kata tanya di mana menanyakan tempat berada. 
35. Arti ungkapan mata air ialah ....
  • a. genangan
  • b. kubangan
  • c. pancuran
  • d. sumber 
Arti ungkapan mata air ialah sumber air. 
B. Isilah titik-titik di bawah ini !
1. .... pergi ke sekolah ?(pagi-pagi)
    Kata tanya yang sempurna untuk kalimat di atas adalah….
    Kalimat tanya untuk menanyakan waktu ialah kapan
2. Rindu sedang menyiram bunga. 
    Kata dasar menyiram adalah….
    Menyiram = me + siram
3. Belajarlah dengan rajin
    Tanda baca yang sempurna untuk kalimat diatas ialah ….
    Tanda seru (!)
4. Bentuk ku cair
    Warna asliku putih
    Aku minuman yang menyehatkan
    Aku berasal dari binatang ternak
    Aku ialah ….
    Aku ialah susu
5. Pesawat terbang itu sedang mendarat. 
    Arti awalan me- pada kata mendarat adalah….
    Menempuh atau pergi ke, contohnya mendarat artinya menuju ke darat 
6. Membuat pengumuman harus menggunakan bahasa ….
    Bahasa baku/resmi
7. Sampira pantun terdapat pada baris ke….
    Isi pantun tedapat pada baris pertama dan kedua
8. Tino anak yang panjang tangan, sehingga dijauhi oleh teman-temannya. 
    Arti ungkapan panjang tangan ialah ….
    Panjang tangan = suka mencuri
9. Ia segera menurunkan bakul yang dibawanya.
    Antonim kata menurunkan ialah ….
    menurunkan ><menaikkan
10. Warga yang baik harus taat hukum. 
       Sinonim dari kata taat adalah….
       taat = patuh
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. seragam – wajib – kita – menggunakan – sekolah
    Susunlah kata-kata di atas menjadi sebuah kalimat !
    Kita wajib menggunakan seragam sekolah
2. Sebutkan 3 jenis pantun menurut isinya !
    Pantun Nasihat
    Pantun nasehat merupakan rangkaian kata-kata yang mempunyai makna mengarahkan 
    atau menegur seseorang untuk menjadi lebih baik.
    Pantun Teka-Teki
    Pantun teka-teki ialah pantun yang berisi teka-teki atau tebakan. Dalam pantun teka-
    teki ini biasanya dibutuhkan jawaban atas teke-teki tersebut.
    Pantun Adat
    Pantun moral ialah pantun menggunakan gaya bahasa bernuansa kedaerahan dan kental 
    akan unsur moral kebudayaan tanah air.
    Pantun Anak
    Pantun anak ialah pantun yang memang diperuntukan bagi anak-anak. Sehingga dalam 
    pantun anak ini semua hal yang disampaikan bekerjasama dengan dunia anak.
3. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan ketika memberikan pengumuman!

    a.  Kejelasan
         Membaca kalimat demi kalimat dengan terang atau lugas sehingga isinya mudah 
         dipahami.
    b.  Lafal
         Lafalkan aksara atau kata dengan benar, sehingga kalimat yang dibaca tidak 
         menimbulkan makna yang berbeda.
    c.  Intonasi
         Tinggi rendahnya suara, keras lembutnya, dan cepat lambatnya perlu diperhatikan.  
         Dengan intonasi yang tepat, maksud  pembicaraan akan gampang dipahami dan 
         dimengerti.
   d.  Jeda
         Jeda yaitu waktu berhenti sesaat ketika kau membaca. Yang dimaksud berhenti 
         sesaat ialah waktu kita menarik napas. Jeda juga memilih isi ketika kau membaca 
         pengumuman.
   e.  Volume suara
        Suara atau ucapan harus terang terdengar.
4. Bacalah teks percakapan melalui telepon berikut ini!
    Telepon berdering. Adi mengangkat telepon itu.
    Adi :  ”Halo.”
    Ibu :  ”Halo. Adi, ya? Ini Ibu. Kak Ida ada?”
    Adi :  ”Kak Ida mandi, Bu.”
    Ibu :  ”Kalau begitu, sampaikan ke Kak Ida, ya. Ibu dalam perjalanan pulang. Tolong 
                jemput di stasiun pukul 20.00.”
    Adi :  ”Iya, Bu. Nanti, Adi sampaikan ke Kak Ida. Ibu bawa buah tangan apa, nih?”
    Ibu :  ”Pokoknya, ada deh. Nanti, Adi boleh membukanya. Sudah, ya. Jangan lupa pesan 
                ibu.”
    Adi :  ”Iya, Bu.”
    Tulislah pesan dari ibu!
    Ibu dalam perjalanan pulang. Kak Ida supaya menjemput di stasiun pukul 20.00.
5. Buatlah pengumuman yang berisi wacana pengadaan lomba seni dan budaya sekolah !
Pengumuman
Diberitahukan kepada seluruh siswa SD Cendekia bahwa dalam rangka memperingati HUT sekolah ke-20, akan diadakan Lomba Seni dan Budaya Sekolah. Lomba akan dilaksanakan pada :
hari         : Kamis
tanggal   : 3 Mei 2013
pukul      : 08.00 hingga dengan selesai
tempat   : aula sekolah
Calon penerima dipersilahkan mendaftar kepada guru kelas masing-masing. Demikian pengumuman ini kami sampaikan. Terima kasih.
                                                                                             Bandung, 1 Mei 2012
                                                                                                   Kepala Sekolah



                                                                                            Johan Budiarto, M.Pd.

Comments

Popular posts from this blog

Jaringan Tema Kelas I | Kurikulum

Pemasangan Tkk | Pramuka

Masa Praaksara | Ips