Jaringan Tema Kelas I | Kurikulum
Jaringan Tema Kelas I. Salah satu langkah dalam penyusunan pembelajaran tematik ialah menciptakan rangcangan pembelajaran untuk memadukan mata pelajaran menjadi sebuah tema yang menarik dan terpadu, sehingga pada ketika pembelajaran membawa penerima didik ke dalam suasana yang sesuai dengan imajinasinya. Pembelajaran yang sesuai dengan abjad pola pikir tak dirasakan adanya kotak-kotak mata pelajaran. Tema diubahsuaikan dengan abjad lingkungan dan wilayah penerima didik sebagai daya tarik tersendiri.
Membuat jaringan tema merupakan bab integral dari model pembelajaran terpadu yang banyak dipakai remaja ini. Lebih spesifik lagi, pembuatan jaringan tema merupakan implementasi dari penerapan pembelajaran terpadu model Webbed. Pembelajaran terpadu model Webbed ialah pembelajaran yang memakai pendekatan tematik. Pendekatan ini pengembangannya dimulai dengan menetukan tema tertentu. Tema sanggup ditentukan dengan negosisasi guru dan siswa, tetapi sanggup pula diskusi sesama guru. Setelah tema tersebut disepakati, dikembangkan sub-sub temanya dengan memperhatikan kaitannya dengan bidang studi (Trianto 2007). Pengembangan tema menjadi sub-sub tema serta pola keterkaitannya inilah yang kemudian membentuk jaringan tema.
Pembuatan jaringan tema melalui beberapa tahapan. Langkah-langkah yang harus dilalui diantaranya :
Tentukan terlebih dahulu tema. Cara menetukan tema bisa dilakukan dengan dua cara
- Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan menetukan tema.
- Cara kedua, memilih terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan. Untuk memilih tema tersebut, guru sanggup berhubungan dengan siswa-siswi sehingga sesuai dengan minat serta kebutuhan mereka.
Menginvetarisasi materi-materi yang masuk/sesuai dengan tema yag telah ditentukan.
Sebuah jaringan tema sanggup dikatakan baik jikalau memenuhi beberapa kriteria. Kriteria-kriteria tersebut diantaranya ialah :
- Simpel. Jaringan tema dibentuk untuk mempermudah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan.
- Sinkron. Pada dasarnya, jaringan tema terdiri atas dua komponen utama yaitu tema pengikat dan materi-materi yang terkait dan bisa masuk dalam cakupannya.
- Logis. Hal ini mengandung pengertian bahwa materi yang dijaring memang betul-betul bab dari tema, sehingga tidak diharapkan tema lain untuk menjaring materi-materi tersebut.
- Mudah dipahami. Dengan demikian, siapapun sanggup menyusun dan menyebarkan pembelajaran tematik dengan berpegangan pada jaringan tema tersebut.
- Terpadu. Tema dan materi-materi diikat oleh kesamaan subtansi yang ingin disampaikan kepada siswa-siswi.
Tema 1 : Diri Sendiri
Mapel | Kompetensi Dasar |
PPKn | KD 1 dan 2 1.1. Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 2.1. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila KD 3 dan 4 3.2. Mengenal tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah maupun di sekolah 3.3. Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah 4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah |
Bahasa Indonesia | 2.1. Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah 2.2. Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah KD 3 dan 4 3.4. Mengenal teks dongeng diri/ personal wacana keberadaan keluarga dengan pertolongan guru atau sobat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman 4.4. Menyampaikan teks dongeng diri/ personal wacana keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian |
Matematika | 2.2. Menunjukkan sikap teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas menurut dimensi (bangun datar, bangkit ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil hingga terbesar KD 3 dan 4 3.1. Mengenal bilangan orisinil sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain 3.2. Mengenal bangkit datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain 3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya 4.5. Membentuk dan menggambar bangun gres dari bangunbangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada |
SBP | 2.1. Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni KD 3 dan 4 3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi 4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar 4.3. Menggambar dengan memanfaatkan bermacam-macam media kering 4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu |
Penjas | 2.1. Menunjukkan sikap percaya diri dalam melaksanakan banyak sekali acara fisik dalam bentuk permainan KD 3 dan 4 3.3. Memahami pengertian pola gerak dasar menyerupai gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif 4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan/atau tradisional 4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau permainan tradisional |
Mapel | Kompetensi Dasar |
PPKn | 2.1 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila 2.2 Menunjukkan sikap patuh pada tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah KD 3 dan 4 3.2 Mengenal tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah 3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah 4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah |
Bahasa Indonesia | 2.3 Memiliki sikap santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah 2.5 Memiliki sikap santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah KD 3 dan 4 3.1 Mengenal teks deskripsi wacana anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta paristiwa siang dan malam dengan pertolongan guru atau sobat dalam bahasa Indonesia lisan dan goresan pena yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman. 3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan wacana perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan pertolongan guru atau sobat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman 3.3 Mengenal teks terima kasih wacana sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau sobat dalam bahasa Indonesia verbal dan tertulis yang sanggup diisi degan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman 4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif wacana anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta kejadian siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian 4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian 4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian 4.4 Menyampaikan teks dongeng diri/personal tentang keluarga secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian |
Matematika | 2.1 Menunjukkan sikap patuh pada hukum dalam melaksanakan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan 2.2 Menunjukkan sikap teliti dan perduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangkit ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar KD 3 dan 4 3.1 Mengenal bilangan orisinil hingga 99 dengan memakai benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain 3.5.Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang dan lebih pendek) 3.6. Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkret 4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan persoalan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya. |
SBP | 2.1 Menunjukkan rasa percaya diriuntuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni KD 3 dan 4 4.1 Menggambar ekspresi dengan garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar 4.7 Menyanyikan lagu belum dewasa dan berlatih memahami isi lagu |
Penjas | 1.1 Menghargai tubuh denganseluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai 2.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam melaksanakan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan 2.2 Menunjukkan sikap santun kepada sobat dan guru selama pembelajaran penjas KD 3 dan 4 4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali bentukpermainan sederhana dan atau permainan tradisional 4.3 Mempraktikkan acara jasmani untuk keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana |
Mapel | Kompetensi Dasar |
PPKn | 1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila 2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah 2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah KD 3 dan 4 3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah 4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah |
Bahasa Indonesia | 1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana mencar ilmu di tengah keberagaman bahasa daerah 1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar 2.3 Memiliki sikap santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah KD 3 dan 4 3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman 4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta kejadian siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian 4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian |
Matematika | 2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada hukum dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan KD 3 dan 4 3.1 Mengenal bilangan asli hingga 99 dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain 3.3 Membandingkan dengan memperkirakan usang suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat) 4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya 4.3 Menyatakan suatu bilangan orisinil sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan orisinil lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban 4.7 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menampilkan data menggunakan grafik konkret dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal |
SBP | 1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan 2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni 2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni KD 3 dan 4 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar 4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu |
Penjas | 1.2 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai 2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan KD 3 dan 4 4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau tradisional |
Mapel | Kompetensi Dasar |
PPKn | 1.2. Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah 2.3. Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah KD 3 san 4 3.2. Mengenal tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah 4.3. Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah |
Bahasa Indonesia | 1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana mencar ilmu di tengah keberagaman bahasa daerah 2.3 Memiliki sikap santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah KD 3 dan 4 3.3. Mengenal teks terima kasih wacana kasih sayang dengan bantuan guru atau sobat dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman 3.4. Mengenal teks dongeng diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan pertolongan guru atau sobat dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman 3.5. Mengenal teks diagram atau tabel tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau sobat dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman 4.4. Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian |
Matematika | 2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada hukum dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur atau aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan KD 3 dan 4 3.1. Mengenal bilangan asli hingga 99 dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain 3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya 4.1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau di tempat bermain serta memeriksa kebenarannya. 4.8. Mengurai sebuah bilangan orisinil sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan orisinil lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban. |
SBP | 1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan 2.1. Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni KD 3 dan 4 4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar 4.5. Menyanyikan lagu anakanak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak 4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu 4.13. Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel |
Penjas | 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai 2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan 2.2. Menunjukkan perilaku santun kepada sobat dan guru selama pembelajaran penjas Kd 3 dan 4 4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 4.6. Mempraktikkan pola gerak dasar senam sederhana menggunakan pola lokomotor dan nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa atau dengan musik |
Comments
Post a Comment