Peta Bahan Ipa Sd | Kurikulum

Peta Materi IPA SD. Peta materi pembelajaran matematika SD pada Kurikulum 2013 terperinci ada perbedaanya dengan kurikulum KTSP. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik akseptor didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu matapelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
  1. kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan
    KI-1;
  2. kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
  3. kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
  4. kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
Pengelompokkan Kompetensi Dasar IPA pada Kurikulum 2013 untuk kelas IV hingga dengan kelas VI sanggup anda lihat pada tabel di bawah ini. Pengelompokkan kompetensi dasar menyerupai tersebut di atas yaitu sebagai berikut.
Kelas IV
No.
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.
Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya
    1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari kekerabatan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan pemikiran agama yang dianutnya
    2.
    Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
    2.1 Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
    2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara berdikari maupun berkelompok
    3.
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan kawasan bermain
    3.1 Menjelaskan bentuk luar badan binatang dan tumbuhan dan fungsinya
    3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
    3.3 Memahami kekerabatan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
    3.4 Membedakan aneka macam bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari 
    3.5 Memahami sifat-sifat suara melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
    3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
    3.7 Mendeskrisikan kekerabatan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
    4.

    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
    4.1 Menuliskan hasil pengamatan perihal bentuk luar (morfologi) badan binatang dan tumbuhan serta fungsinya
    4.2 Menyajikan secara tertulis hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.
    4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak memakai table dan grafik
    4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi perihal bunyi
    4.5 Membuat sebuah karya/model yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
    4.6 Menyajikan laporan perihal sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
    4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan perihal teknologi yang dipakai di kehidupan sehari-hari serta akomodasi yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
    Kelas V
    No.
    Kompetensi Inti
    Kompetensi Dasar
    1.
    Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya
      1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari kekerabatan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan pemikiran agama yang dianutnya
      2.
      Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
      2.1 Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
      2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara berdikari maupun berkelompok
      3.
      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berda sarkan rasa ingin perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan kawasan bermain
      3.1 Mendeskripsikan rangka insan dan fungsinya
      3.2 Mengenal bab tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
      3.2 Mengenal organ badan insan dan binatang serta mendeskripsikan fungsinya
      3.3 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan efek kegiatan insan terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
      3.4 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
      3.5 Mendeskripsikan siklus air dan dampaknya pada kejadian di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
      3.6 Mengenal jenis binatang dari makanannya dan mendeskripsikan rantai masakan pada ekosistem di lingkungan sekitar
      3.7 Mengenal sistem pernafasan binatang dan insan serta penyakit yang berkaitan dengan pernafasan
      4.

      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
      4.1 Membuat skema rangka insan beserta fungsinya
      4.2 Menuliskan ide-idenya perihal pemanfaatan bab tumbuhan di sekitarnya bagi manusia
      4.3 Merancang dan membuat rangkaian seri dan parallel memakai sumber arus searah
      4.4 Membuat kompas sederhana untuk mendeteksi medan magnet bumi
      4.5 Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
      4.6 Menyajikan hasil pengamatan untuk membentuk rantai masakan dan jejaring makanan dari makhluk hidup di lingkungan sekitar yang terdiri dari karnivora, herbivora, dan omnivore
      4.5 Menyajikan hasil laporan perihal permasalahan akhir terganggunya keseimbangan alam akhir ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi kalau permasalahan tersebut tidak diatasi
      4.7 Menyajikan laporan perihal jenis penyakit yang berafiliasi dengan gangguan pada organ badan manusia
      Kelas VI
      No.
      Kompetensi Inti
      Kompetensi Dasar
      1.
      Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya
        1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari kekerabatan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan pemikiran agama yang dianutnya
        2.
        Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
        2.1 Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
        2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara berdikari maupun berkelompok
        3.
        Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ing in tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan kawasan bermain
        3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energy listrik, transmisi energy listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
        3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari sebagai sentra tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya
        3.3 Mendeskripsikan kejadian rotasi bumi, revolusi bumi, revolusi bulan, dan kejadian terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
        3.4 Membedakan adonan dan larutan melalui pengamatan
        3.5 Memahami kekerabatan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akhir efek suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
        3.6 Mendeskrisikan perkembangbiakan mahluk hidup
        3.7 Mengidentifikasi cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungan
        4.

        Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerm inkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
        4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan adonan dan larutan memakai materi yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
        4.2 Melaksanakan percobaan perihal hantaran dan perubahan benda akhir efek suhu, serta mengidentifikasi variable bebas dan variable terikat dalam percobaan tersebut
        4.3 Membuat laporan hasil percobaan perihal hantaran listrik yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
        4.4 Mengikuti mekanisme perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan alhasil dalam bentuk tulisan
        4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan perihal pembiasaan makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar

        Comments

        Popular posts from this blog

        Jaringan Tema Kelas I | Kurikulum

        Pemasangan Tkk | Pramuka

        Masa Praaksara | Ips