Peta Bahan Sbp Sd | Kurikulum

Peta Materi Senibudaya dan Prakarya SD. Peta materi pembelajaran matematika SD pada Kurikulum 2013 terperinci ada perbedaanya dengan kurikulum KTSP. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik akseptor didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu matapelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
  1. kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan
    KI-1;
  2. kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
  3. kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
  4. kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
Pengelompokkan Kompetensi Dasar Senibudaya dan Prakarya pada Kurikulum 2013 untuk kelas I hingga dengan kelas VI sanggup anda lihat pada tabel di bawah ini. Pengelompokkan kompetensi dasar menyerupai tersebut di atas ialah sebagai berikut.
Kelas I
No.
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.
Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya
    1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu gejala kekuasaan Tuhan
    2.
    Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
    2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
    2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber wangsit dalam berkarya seni
    2.3 Menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
    3.
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
    3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
    3.2 Mengenal teladan irama lagu bervariasi memakai alat musik ritmis
    3.3 Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari
    3.4 Mengamati banyak sekali bahan, alat serta fungsinya dalam menciptakan prakarya
    3.5 Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa kawasan setempat
    4.

    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
    4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk menurut hasil pengamatan di lingkungan sekitar
    4.2 Membuat karya seni ekspresi dengan memanfaatkan banyak sekali teknik cetak sederhana memakai materi alam
    4.3 Menggambar dengan memanfaatkan bermacam-macam media kering
    4.4 Membentuk karya seni ekspresi dari materi lunak
    4.5 Menyanyikan lagu bawah umur dan memperagakan tepuk birama dengan gerak
    4.6 Memainkan teladan irama lagu bertanda birama dua dengan tepuk dan gerak 
    4.7 Menyanyikan lagu bawah umur dan berlatih memahami isi lagu
    4.8 Memainkan teladan irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan alat musik ritmis
    4.9 Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan tubuh menurut pengamatan alam di lingkungan sekitar
    4.10 Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan tubuh menurut rangsangan bunyi
    4.11 Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan memakai level tinggi, sedang, dan rendah
    4.12 Melakukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan memakai level tinggi, sedang, dan rendah dengan iringan
    4.13 Membuat karya kerajinan materi alam di lingkungan sekitar melalui aktivitas menempel
    4.14 Membuat karya kerajinan dari materi alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui aktivitas melipat, menggunting, dan menempel
    4.15 Membentuk karya kerajinan fungsi hias dari materi lunak alam
    4.16 Membuat karya rekayasa yang digerakkan dengan air
    4.17 Menceritakan karya seni budaya benda dan bahasa kawasan setempat
    Kelas II
    No.
    Kompetensi Inti
    Kompetensi Dasar
    1.
    Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya
      1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu gejala kekuasaan Tuhan
      2.
      Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
      2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
      2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber wangsit dalam berkarya seni
      2.3 Menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
      3.
      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
      3.1 Mengenal materi dan alat serta tekniknya dalam menciptakan karya seni rupa
      3.2 Mengenal teladan irama lagu bertanda birama tiga, teladan bervariasi dan teladan irama rata dengan alat musik ritmis
      3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
      3.4 Mengetahui cara mengolah materi alam yang sanggup dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan
      3.5 Memahami budaya dan bahasa kawasan di tempat tinggalnya
      4.

      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
      4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur menurut hasil pengamatan di lingkungan sekitar
      4.2 Membuat karya seni mozaik sederhana dengan dengan memakai materi alam
      4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan bermacam-macam media
      4.4 Membentuk karya relif dari materi yang ada di lingkungan sekitar
      4.5 Menyanyikan lagu bawah umur dengan teladan irama yang bervariasi
      4.6 Memainkan teladan irama bervariasi lagu bertanda birama empat
      4.7 Menyanyikan lagu bawah umur sederhana dengan menciptakan kata-kata sendiri yang bermakna
      4.8 Memainkan teladan irama bervariasi lagu bertanda birama tiga
      4.9 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara pribadi atau dengan media rekam
      4.10 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara pribadi atau media rekam memakai tempo lambat, sedang, dan cepat 
      4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan tubuh dengan mengamati secara pribadi atau dengan media rekam
      4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan tubuh memakai tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak
      4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan memakai materi alam di lingkungan sekitar melalui aktivitas melipat, menggunting dan menempel
      4.14 Membuat karya kerajinan materi alam melalui aktivitas melipat, menggunting, dan menempel dengan membentuk teladan sederhana
      4.15 Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari materi alam
      4.16 Menyajikan masakan dari buah dan sayuran di lingkungan sekitar dengan olahan sederhana
      4.17 Menceritakan karya seni budaya tak benda dan bahasa kawasan setempat
      Kelas III
      No.
      Kompetensi Inti
      Kompetensi Dasar
      1.
      Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya
        1.1 Memuji keunikan kemampuan insan dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan
        2.
        Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
        2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
        2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapat wangsit dalam berkarya seni
        2.3 Menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
        3.
        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
        3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif
        3.2 Membedakan teladan irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam
        3.3 Memahami gerak berpengaruh dan lemah dalam tari dengan memakai musik sebagai iringan
        3.4 Mengetahui cara mengolah materi alam dan buatan untuk menciptakan prakarya
        3.5 Memahami makna karya seni budaya dengan bahasa kawasan setempat
        4.

        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
        4.1 Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur menurut hasil pengamatan di lingkungan sekitar
        4.2 Membuat karya seni montase dari banyak sekali media
        4.3 Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar
        4.4 Membentuk karya dekoratif dari materi lunak
        4.5 Menyanyi lagu wajib dan lagu permainan dari kawasan sesuai dengan isi lagu
        4.6 Memainkan alat musik ritmis teladan irama bervariasi sambil bernyanyi
        4.7 Menyanyikan lagu bawah umur bertanda birama enam sesuai dengan isi lagu.
        4.8 Memainkan teladan irama bertanda birama 6 dengan perubahan tempo dan dinamika
        4.9 Mengembangkan gerak menurut hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema
        4.10 Mengembangkan gerak alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema mengacu pada gaya tari kawasan menurut level, tempo dan dinamika gerak
        4.11 Memperagakan gerak alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema menurut level, tempo dan dinamika
        4.12 Menampilkan gerak ke dalam bentuk tari bertema menurut level dan tempo gerak dengan iringan musik 
        4.13 Membuat karya kerajinan anyaman dengan materi alam atau buatan dari lingkungan
        4.14 Membuat karya kerajinan teknik meronce dengan memanfaatkan materi alam dan buatan dari lingkungan
        4.15 Membuat karya kerajinan fungsi pakai dari barang bekas dengan teknik dan alur sederhana
        4.16 Menanam tanaman sayuran di lingkungan sekitar
        4.17 Menceritakan makna karya seni budaya dengan bahasa kawasan setempat
        Kelas IV
        No.
        Kompetensi Inti
        Kompetensi Dasar
        1.
        Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya
          1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing kawasan sebagai anugerah tuhan
          2.
          Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
          2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
          2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapat wangsit dalam berkarya seni
          2.3 Menunjukkan sikap Mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
          3.
          Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
          3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi menurut pengamatan 
          3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan 
          3.3 Mengenal tari-tari kawasan dan keunikan geraknya 
          3.4 Mengetahui banyak sekali alur cara dan pengolahan media karya kreatif 
          3.5 Memahami dongeng terkait situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan memakai bahasa daerah
          4.

          Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
          4.1 Menggambar menurut tema 
          4.2 Membuat karya seni kolase dengan banyak sekali materi di lingkungan sekitar 
          4.3 Menggambar model benda kesukaan menurut pengamatan langsung 
          4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari materi alam 
          4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan tubuh sesuai dengan tinggi rendah nada 
          4.6 Memainkan teladan irama lagu bertanda birama empat dan mengatakan perbedaan panjang pendek bunyi 
          4.7 Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu kawasan yang harus dikenal 
          4.8 Memainkan alat musik melodis lagu yang telah dikenal sesuai dengan isi lagu 
          4.9 Menunjukkan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari kawasan 4.10 Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari kawasan menurut ruang gerak 
          4.11 Mengembangkan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari kawasan menurut ruang gerak dan teladan lantai 
          4.12 Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari kawasan menurut ruang gerak dan teladan lantai
          4.13 Membuat karya kerajinan ikat celup dengan banyak sekali teknik buatan 
          4.14 Membuat karya kerajinan asesoris dengan banyak sekali materi dan teknik 
          4.15 Membuat karya rekayasa sederhana yang sanggup digerakkan dengan angin 
          4.16 Membuat karya rekayasa sederhana dengan memanfaatkan tali sebagai tenaga penggerak 
          4.17 Menceritakan dongeng terkait situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan memakai bahasa daerah
          Kelas V
          No.
          Kompetensi Inti
          Kompetensi Dasar
          1.
          Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya
            1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni kawasan sebagai anugerah Tuhan
            2.
            Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
            2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
            2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber wangsit dalam berkarya seni
            2.3 Menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
            2.4 Menunjukkan kemampuan berhubungan dan berinteraksi dengan memakai bahasa kawasan di rumah dan sekolah
            3.
            Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berda sarkan rasa ingin perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
            3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
            3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah
            3.3 Memahami fungsi properti yang sanggup dipakai dalam tari
            3.4 Memahami mekanisme dan langkah kerja dalam berkarya kreatif menurut ciri khas daerah
            3.5 Memahami unsur-unsur budaya kawasan dalam bahasa daerah
            4.

            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
            4.1 Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi
            4.2 Menggambar dekoratif menurut motif hias nusantara dengan menerapkan irama dan keseimbangan
            4.3 Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan menurut hasil pengamatan
            4.4 Membuat topeng dari banyak sekali media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan
            4.5 Menyanyikan secara berkelompok lagu bawah umur dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya
            4.6 Memainkan alat musik ritmis secara berkelompok dengan iringan vokal lagu bawah umur dua suara
            4.7 Menyanyikan lagu kanon & lagu wajib dua suara
            4.8 Memainkan alat musik gabungan antara melodis dan ritmis dengan partitur lagu
            4.9 Menemukan gerak tari bertema menurut gagasan dan imajinasi
            4.10 Merangkaikan gerak tari bertema menurut gagasan dan imajinasi dengan memakai properti
            4.11 Merangkaikan gerak tari bertema menurut gagasan dan imajinasi dengan memakai properti dan iringan
            4.12 Memperagakan gerak tari bertema menurut gagasan dan imajinasi dengan memakai properti dan iringan
            4.13 Membuat karya kerajinan dari materi tali temali
            4.14 Membentuk karya kerajinan dari materi keras
            4.15 Merawat binatang peliharaan
            4.16 Membuat apotik hidup
            4.17 Menceritakan secara mulut dan goresan pena unsur-unsur budaya kawasan memakai bahasa daerah
            Kelas VI
            No.
            Kompetensi Inti
            Kompetensi Dasar
            1.
            Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya
              1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan mempunyai rasa gembira terhadap tanah air
              2.
              Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
              2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
              2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber wangsit dalam berkarya seni
              2.3 Menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
              2.4 Menunjukkan kemampuan berhubungan dan berinteraksi dengan memakai bahasa kawasan di lingkungan sekitar
              3.
              Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ing in tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
              3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi menurut prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
              3.2 Mengenal harmoni dan simbol teks lagu sederhana
              3.3 Mengenal estetika gerak dan komposisi kelompok dalam tari
              3.4 Menyajikan banyak sekali karya kreatif dalam aktivitas ekspo dan pertunjukkan
              3.5 Memahami nilai-nilai yang menempel dalam unsur-unsur budaya kawasan dalam bahasa daerah
              4.

              Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerm inkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
              4.1 Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi menurut hasil pengamatan
              4.2 Menggambar di atas kain dengan teknik merintang warna
              4.3 Menggambar poster dengan menerapkan tata letak sesuai prinsip seni
              4.4 Membentuk karya patung sederhana dari banyak sekali media menurut karya patung nusantara
              4.5 Membuat teladan irama sederhana untuk iringan lagu dengan simbol panjang pendek bunyi dan menyebarkan teladan iringan
              4.6 Menyanyikan lagu kawasan dua bunyi dengan iringan
              4.7 Memainkan ansambel alat musik gabungan dengan membaca partitur sederhana
              4.8 Menampilkan musik nusantara dengan alat musik sederhana
              4.9 Menemukan gerak tari bertema menurut pengembangan gagasan dan imajinasi
              4.10 Merangkaikan tari bertema menurut gagasan dan imajinasi dengan iringan musik
              4.11 Memperagakan tari bertema sesuai dengan busana pokok gaya tari daerah
              4.12 Menyajikan tari bertema sesuai dengan rias dan busana gaya tari kawasan dengan iringan
              4.13 Membuat karya kerajinan batik menurut motif hias daerah
              4.14 Membuat karya kerajinan teknik jahit dan aplikasi dengan tangan
              4.15 Membuat produk olahan materi masakan umbi-umbian dengan banyak sekali olahan sederhana
              4.16 Membuat produk olahan sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
              4.17 Memamerkan dan mempertunjukan karya seni.

              Comments

              Popular posts from this blog

              Jaringan Tema Kelas I | Kurikulum

              Pemasangan Tkk | Pramuka

              Masa Praaksara | Ips