Contoh Rpp Kelas I | Kurikulum

Penyusunan RPP Kurikulum 2013. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) merupakan model rencana kerja yang didalamnya menggambarkan prosedur, pengorganisasian, kegiatan pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan yang telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup RPP paling banyak meliputi satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu) indikator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.

Apabila anda akan menyusun RPP harus memperhatikan langkah-langkah penyusunan RPP.
Dalam RPP Kurikulum 2013 dibagi menjadi tiga langkah besar, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Sebelum menyusun RPP, ada beberapa hal yang harus diketahui :
  • RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan mencar ilmu penerima didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar.
  • Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.
  • RPP disusun untuk setiap KD yang sanggup dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
  • Guru merancang kepingan RPP untuk setiap pertemuan yang diubahsuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Berikut ini rujukan RPP Kelas I tema Lingkungan higienis dan sehat
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah
: SDN .......
Kelas
: I (satu)
Semester
: II (dua)
Tema
: Lingkungan higienis dan sehat
Pertemuan -ke
: 1
Alokasi Waktu
: 1 Minggu
I.  Kompetensi Inti 
  1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya 
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sahabat dan guru 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
    II. Kompetensi Dasar
    Mapel
    Kompetensi Dasar
    Agama
    1.1 Berdoa sebelum dan sehabis belajar, sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah  
    2.1 Memiliki sikap higienis badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci 
    PPKn
    1.2 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
    2.1 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila 
    3.3. Mengenal tata tertib dan hukum yang  berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
    4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
    Bahasa Indonesia
    1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana mencar ilmu di tengah keberagaman bahasa daerah 
    2.3 Menunjukkan sikap pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan mengasihi makhluk hidup 
    2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh semoga sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah 
    Memiliki sikap santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui  pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah 
    2.3 Memahami isi kisah melalui mendengarkan kisah yang dibacakan orang lain  dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan 
    4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian 
    Matematika
    2.1. Menunjukkan sikap teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, berdiri ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil hingga terbesar 
    2.4.. Menunjukkan sikap disiplin tepat waktu dalam melaksanakan acara di sekolah dengan memperhatikan gejala ketika jam mencar ilmu dan jam istirahat 
    3.2.. Mengenal berdiri datar dan berdiri ruang memakai benda-benda yang ada  di sekitar   ruah, sekolah, atau tempat bermain.
    4.2.. Membentuk banyak sekali berdiri ruang dengan memakai papan berpaku atau media lainnya
    SBP
    1.1 Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan 
    2.1 Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari 
    2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ilham dalam berkarya seni 
    3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis 
    Penjas
    2.2 Menunjukkan sikap santun kepada sahabat dan guru selama pembelajaran penjas.
    III. Indikator
    Mapel
    Indikator
    Agama
    1. Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
    2. Mengulang bacaan do’a sehabis belajar
    3. Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar
    4. Menunjukkan sikap patuh kepada orang tua
    PPKn
    1. Menunjukkan sikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
    2. Memberikan rujukan sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
    3. Memberikan rujukan sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
    4. Melaksanakan tata tertib di sekolah
    Bahasa Indonesia
    1. Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
    2. Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
    3. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada ketika berdoa sendiri 
    4. Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
    5. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
    6. Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan basuh tangan.
    7. Menyebutkan kebutuhan tubuh semoga tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
    8. Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
    9. Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
    10. Menyebutkan urutan peristiwa
    11. Menyebutkan kebutuhan tubuh semoga tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
    12. Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
    13. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
    14. Berposisi duduk secara benar
    15. Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
    16. Memegang teks bacaan dengan tepat
    Matematika
    1. Menata  dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
    2. Memilih jenis tas, wadah atau tempat yang dipakai untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
    3. Menceritakan bentuk berdiri ruang dan berdiri datar
    SBP
    1. Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
    2. Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
    3. memperhatikan lingkungan sekitar secara seksama 
    4. merawat lingkungan sekitar secara sadar
    5. menunjukkan kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
    6. Mengenal judul lagu dan iringannya
    Penjas
    1. Mempraktikan gerak melangkah ke banyak sekali arah berirama
    IV. Tujuan Pembelajaran
    1. Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
    2. Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
    3. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
    4. Menyebutkan kebutuhan tubuh semoga tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
    5. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
    6. Menata  dengan rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
    7. Mempraktikan gerak melangkah ke banyak sekali arah berirama
    8. Menjelaskan keindahan-keindahan alam wacana kebersihan lingkungan  sebagai anugerah Tuhan 
    V. Materi Pembelajaran
    Mapel
    Kompetensi Dasar
    Agama
    1. Bacaan do’a sebelum belajar
    2. Bacaan do’a sehabis belajar
    3. Sikap berdo’a sebelum belajar
    4. Perilaku patuh kepada orang tua
    PPKn
    1. Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa sanggup  berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
    2. Dengan mengamati rujukan sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di rumah, siswa sanggup berperilaku patuh di sekolah.
    3. Contoh sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di sekolah.
    4. Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa sanggup menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
    Bahasa Indonesia
    1. Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
    2. Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
    3. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada ketika berdoa sendiri 
    4. Lafal teks doa dengan jelas
    5. Lafal &  kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
    6. Waktu mandi, makan, sikat gigi dan basuh tangan.
    7. kebutuhan tubuh semoga tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
    8. lingkungan sehat dan tidak sehat
    9. Nama-nama tempat dalam cerita
    10. Urutan peristiwa
    11. Kebutuhan tubuh semoga tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
    12. Lingkungan sehat dan tidak sehat
    13. Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
    14. Posisi duduk secara benar
    15. Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
    16. Teks bacaan dengan tepat
    Matematika
    1. Dengan mengamati cara penataan benda di sekitar, siswa sanggup menata  dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
    2. Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa sanggup  memilih jenis tas, wadah atau tempat yang dipakai untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
    3. Dengan mengamati benda siswa sanggup menceritakan bentuk berdiri ruang dan berdiri datar
    SBP
    1. Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
    2. Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
    3. Lingkungan sekitar secara seksama 
    4. Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
    5. Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
    6. Lagu  Lihat Kebunku
    Penjas
    Praktik gerak melangkah ke banyak sekali arah berirama
    VI. Pendekatan dan Metode
    Pendekatan : Scientific
    Strategi : Cooperative Learning
    Teknik : Example Non Example
    Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
    VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
    Kegiatan
    Deskripsi Kegiatan 
    Pendahuluan  
    1. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
    2. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
    3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
    4. Mengajak Semua Siswa menyanyi  “SELAMAT PAGI GURU”
    5. Dilanjutkan dengan bertanya jawab wacana syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi 
    6. Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya wacana kekerabatan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
    7. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu wacana  “LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT”
      Inti  
      1. Menayangkan gambar wacana lingkungan  bersih dan sehat  dan lingkungan rumah yangtidak higienis /tidak sehat.  (eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar)
      Gambar rumah sehat meliputi ciri-ciri:
      1. Rumah kecil dengan ventilasi cukup
      2. Ada teras rumah
      3. Ada halaman cukup
      4. Taman mungil yang asri
      5. Tidak ada sampah yang bertebaran
      6. Di pojok halaman ada peralatan untuk membersihkan halaman (ember tempat air untuk menyiram tanaman, sapu lidi dll) 
      Gambar rumah tidak sehat meliputi ciri-ciri:
      1. Tidak mempunyai ventilasi yang cukup
      2. Tidak mempunyai teras/berbatasan eksklusif dengan jalan raya
      3. Tidak memikliki taman atau flora hijau
      4. Tidak terdapat alat-alat kebersihan
      5. Tidak terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran
      Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari  hasil eksplorasi serta kemampuan  siswa 
      2. Bertanya jawab wacana ciri-ciri rumah  dan halaman yang sehat dan tidak sehat,  (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
      • Mendengarkan tanggapan siswa wacana rumah yang higienis sehat dan yang tidak higienis dan tidak sehat.
      • Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
      • Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
      • Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memperlihatkan jawaban.
      • Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memperlihatkan penjelasan  tentang benar dan tidaknya jawaban. 
      3. Guru menugaskan siswa untuk membaca teks wacana RUMAHKU (membaca, mendengar) 
      4. Diawali dengan memberi rujukan cara membaca teks : jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
      5.  Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS
      (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
      Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan eksklusif dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain 
      6. Bertanya jawab wacana makna bacaan / Teks  ( menalar )
      7. Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang higienis dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang higienis tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)
      8. Guru mengelompokan siswa berdasarkan sahabat satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
      9. Siswa berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.
      10. Guru membagi gambar kepada masing-masing kelompok
      11. Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
      12. Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada sahabat sebangku (mengkomunikasikan)
      13. Setelah tercapai janji dengan sahabat sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (TPS)
      Penilaian proses:
      1. Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas. 
      2. Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
      3. Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
      Gambar-gambar untuk Example non Example 
      • Kelompok gambar kebersihan kelas
      • Gambar kegiatan menyapu kelas
      • Gambar kegiatan membersihkan debu
      • Gambar kegiatan menata buku
      • Membersihkan jendela kelas
      Kelompok gambar kebersihan rumah
      • Gambar kegiatan menyapu rumah
      • Gambar kegiatan mengepel lantai
      • Gambar kegiatan menata tempat tidur
      • Gambar kegiatan  membersihkan/menyapu kebun
      Kelompok  gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
      • Gambar kegiatan membersihkan selokan
      • Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
      • Gambar kegiatan membuang sampah
      • Gambar kegiatan merawat flora peneduh
      Keterangan:
      Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan akhirnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab.
      14. Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
      15. Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi), 
      Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memperlihatkan pendapatnya
      16. Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “banyak nyamuk dirumahku”  untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah mencar ilmu beberapa jam :
      1. Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
      2. Memberi rujukan sikap yang benar dalam menyanyi
      3. Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
      4. Menggunakan format pengamatan
      17. Guru mengajak bertanya jawab wacana makna lagu.  Bahwa salah satu efek dari rumah yang tidak sehat, yaitu banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb
      18. Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)
      Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)
      19. Guru dan siswa gotong royong siswa menciptakan kesimpulan wacana rumah yang higienis dan sehat
      20. Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
      Dilanjutkan dengan menasehati siswa semoga membiasakan hidup sehat
        Penutup  
        1. Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehari
        2. Bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
        3. Melakukan evaluasi hasil belajar
        4. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
        Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
        Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, eksklusif diberi nasehat semoga besok kalau berdoa lebih disempurnakan
        VIII. Sumber dan Media 
        1. Diri anak
        2. Lingkungan keluarga
        3. Lingkungan sekolah
        4. Buku TematikKelas I
        5. Buku Pengembangan Diri Anak
        6. Video/slide/gambar wacana teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
        7. Gambar/contoh eksklusif karya cetak  dengan banyak sekali materi alam dan bentuk
        8. Gambar/contoh eksklusif hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan banyak sekali bentuk pola dan alur sederhana
        9. Buku kirigami (seni mengunting)
        10. Buku Pengembangan Diri Anak
        IX. Penilaian
        1. Prosedur Penilaian
        Penilain Proses
        Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran semenjak dari kegiatan awal hingga dengan kegiatan akhir
        Penilaian Hasil Belajar
        Menggunakan instrumen evaluasi hasil mencar ilmu dengan tes tulis dan lisan.
        2. Instrumen Penilaian
            Instrumen tes tertulis dalam bentuk soal.
        Penilaian dilakukan dengan cara menghitung jumlah tanggapan benar dari soal yang tersedia.
             Instrumen unjuk kerja dalam bentuk Rubrik Penilaian.
        Contoh Rubrik Penilaian membaca :
        No.
        Kriteria
        Baik Sekali
        (4)
        Baik
        (3)
        Cukup
        (2)
        Perlu Bimbingan
        (1)
        1.
        Jeda
        3 kriteria terpenuhi
        2 kriteria terpenuhi
        1 kriteria terpenuhi
        Tidak memenuhi kriteria
        2.
        Lafal
        3 kriteria terpenuhi
        2 kriteria terpenuhi
        1 kriteria terpenuhi
        Tidak memenuhi kriteria
        3.
        Tanda baca
        3 kriteria terpenuhi
        2 kriteria terpenuhi
        1 kriteria terpenuhi
        Tidak memenuhi kriteria
        Cara Penilaian membaca :
        Rumus perhitungannya sebagai berikut :
        Jumlah skor yang diperoleh siswa x 100
                                   Skor ideal
        Keterangan :
        Jumlah skor yang diperoleh siswa yaitu jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2.
        Skor ideal yaitu perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
        Pada rujukan ini, skor ideal = 2 x 4 = 8.
        Perhitungan nilai simpulan siswa:
        • Beni : 7/8  x 100 = 87,5
        • Dayu : 8/8 x 100 = 100
        Instrumen Observasi berbentuk Lembar Pengamatan
        Contoh Lembar Pengamatan :
        No.
        Kriteria
        Terlihat (√)
        Belum Terlihat(√)
        1.
        Siswa mengikuti arahan guru
         .......
         .......
        2.
        Siswa terlibat aktif dalam kegiatan
         .......
         .......
        3.
        Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah melaksanakan kegiatan.
         .......
         .......
        Hasil Pengamatan Kegiatan :
        No.
        Nama
        Kriteria 1
        Kriteria 2
        Kriteria 3
        T (√)
        BT (√)
        (√)
        BT (√)
        (√)
        BT (√)
        1. 
        Budi
        .......
        .......
        .......
        ......
        .......
        .......
        2.
        Ciko
        .......
        .......
        .......
        .......
        .......
        .......
        3. 
        Davit
        .......
        .......
        .......
        .......
        .......
        .......
        Mengetahui :
        Kepala Sekolah





        (.......................................)
        NIP. 999999999999999999
        Purwokerto,............................... 
        Guru Kelas I 




        (..................................)
        NIP. XXXXXXXXXXXXX

        Comments

        Popular posts from this blog

        Jaringan Tema Kelas I | Kurikulum

        Pemasangan Tkk | Pramuka

        Masa Praaksara | Ips