Peta Bahan Ips Sd | Kurikulum

Peta Materi IPS SD. Peta materi pembelajaran matematika SD pada Kurikulum 2013 terang ada perbedaanya dengan kurikulum KTSP. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik penerima didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu matapelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
  1. kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan
    KI-1;
  2. kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
  3. kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
  4. kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
Pengelompokkan Kompetensi Dasar IPS pada Kurikulum 2013 untuk kelas IV hingga dengan kelas VI sanggup anda lihat pada tabel di bawah ini. Pengelompokkan kompetensi dasar ibarat tersebut di atas yakni sebagai berikut.
Kelas IV
No.
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.
Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya
    1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah membuat waktu dengan segala perubahannya
    1.2 Menjalankan aliran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
    1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah membuat insan dan lingkungannya
    2.
    Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
    2.1. Menunjukkan sikap jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
    2.2. Menunjukkan sikap rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
    2.3. Menunjukkan sikap santun, toleran dan peduli dalam melaksanakan interaksi sosial dengan lingkungan dan sahabat sebaya
    3.
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan kawasan bermain
    3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
    3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
    3.3 Memahami insan dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
    3.4 Memahami kehidupan insan dalam kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar
    3.5 Memahami insan dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
    4.

    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
    4.1 Menceriterakan perihal hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
    4.2 Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
    4.3 Menceritakan insan dalam hubungannya dengan lingkungan geografis kawasan tinggalnya
    4.4 Mendeskripsikan kehidupan insan dalam kelembagaan sosial, pendidikan, ekonomi, dan budaya di masyarakat sekitar
    4.5 Menceritakan insan dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
    Kelas V
    No.
    Kompetensi Inti
    Kompetensi Dasar
    1.
    Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya
      1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah membuat waktu dengan segala perubahannya
      1.2 Menjalankan aliran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
      1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah membuat insan dan lingkungannya
      2.
      Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
      2.1 Menunjukkan sikap bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan
      2.2 Menunjukkan sikap jujur, sopan, estetikadan mempunyai motivasi internal dikala bekerjasama dengan forum sosial, budaya, ekonomi dan politik
      2.3 Menunjukkan sikap peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup
      3.
      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berda sarkan rasa ingin perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan kawasan bermain
      3.1 Memahami kegiatan dan perubahan kehidupan insan dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
      3.2 Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan insan dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
      3.3 Memahami insan dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
      3.4 Memahami insan Indonesia dalam kegiatan yang yang terkait dengan fungsi dan tugas kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
      3.5 Memahami insan Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
      4.

      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
      4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai kegiatan dan perubahan kehidupan insan dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
      4.2 Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan insan dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam aneka macam jenis media
      4.3 Menyajikan pemahaman perihal insan dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
      4.4 Menceritakan secara tertulis pemahaman perihal insan Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan tugas kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia 
      4.5 Menceritakan secara tertulis hasil kajian mengenai kegiatan insan Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
      Kelas VI
      No.
      Kompetensi Inti
      Kompetensi Dasar
      1.
      Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya
        1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menawarkan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melaksanakan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
        1.2 Menerimaadanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat yang mengatur kehidupan insan dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia
        1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah membuat insan dan lingkungannya
        2.
        Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
        2.1 Menunjukkan sikap cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
        2.2 Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap forum sosial, budaya, ekonomi dan politik
        2.3 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam menyebarkan contoh hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
        3.
        Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ing in tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan kawasan bermain
        3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan insan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia
        3.2 Menunjukkan pemahaman alasannya yakni dan tanggapan terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan hingga dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara
        3.3 Memahami keterkaitan insan dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya
        3.4 Menelaah manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia
        3.5 Menelaah landasan dari dinamika interaksi insan dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
        4.

        Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerm inkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
        4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan insan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya
        4.2 Menyajikan hasil pemahaman perihal alasannya yakni dan tanggapan terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan hingga dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk tulisan
        4.3 Mengemukakan hasil pemahaman mengenai keterkaitan insan dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam aneka macam bentuk media (lisan, tulisan, gambar, foto, dan lainnya)
        4.4 Menyajikan pemahaman mengenai manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam aneka macam bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
        4.5 Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi insan dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbgai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)

        Comments

        Popular posts from this blog

        Jaringan Tema Kelas I | Kurikulum

        Pemasangan Tkk | Pramuka

        Masa Praaksara | Ips