Peta Bahan Penjasorkes Sd | Kurikulum
Peta Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD. Peta bahan pembelajaran matematika SD pada Kurikulum 2013 terang ada perbedaanya dengan kurikulum KTSP. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik penerima didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu matapelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
- kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
- kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
- kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
- kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
Pengelompokkan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Kurikulum 2013 untuk kelas I hingga dengan kelas VI sanggup anda lihat pada tabel di bawah ini. Pengelompokkan kompetensi dasar menyerupai tersebut di atas ialah sebagai berikut.
Kelas I No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
1. | Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya | 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan. |
2. | Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru | 2.1 Berperilaku sportif dalam bermain. 2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran. 2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.5 Toleransi dan mau menyebarkan dengan sahabat lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan. 2.6 Disiplin selama melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan. |
3. | Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 3.4 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional. 3.5 Mengetahui konsep banyak sekali pola gerak dasar lebih banyak didominasi statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang /samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan bangkit dengan salah satu kaki), serta pola gerak lebih banyak didominasi dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam kegiatan senam. 3.6 Mengetahui konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam kegiatan gerak rimtik. 3.7 Mengetahui perbedaan bergerak di air dan di darat dalam kegiatan air.* 3.8 Mengetahui bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga kebersihannya terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki, serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan. 3.9 Mengetahui dampak jangka pendek selama dan sesudah melaksanakan kegiatan fisik. |
4. | Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, kekerabatan dan usaha, dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 4.4 Mempraktikkan kegiatan pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhanadan dan atau tradisional. 4.5 Mempraktikkan banyak sekali pola gerak dasar lebih banyak didominasi statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan bangkit dengan salah satu kaki) dan pola gerak lebih banyak didominasi dinamis (menolak, mengayu, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam kegiatan senam. 4.6 Mempraktikkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak rimtik. 4.7 Mempraktikkan banyak sekali bentuk permainan pengenalan air dalam kegiatan air.* 4.8 Mempraktikkan cara memelihara dan menjaga kebersihan bagian-bagian tubuh sendiri terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki, serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan. 4.9 Menceritakan dampak jangka pendek selama dan sesudah melaksanakan kegiatan fisik. |
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
1. | Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya | 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan. |
2. | Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru | 2.1 Berperilaku sportif dalam bermain. 2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran. 2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.5 Toleransi dan mau menyebarkan dengan sahabat lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan. 2.6 Disiplin selama melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan. |
3. | Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 3.3 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar manipulatif dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 3.4 Mengetahui konsep menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), serta bergerak secara elastis dan lincah dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional. 3.5 Mengetahui konsep variasi banyak sekali pola gerak dasar lebih banyak didominasi statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan bangkit dengan salah satu kaki),serta pola gerak lebih banyak didominasi dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam kegiatan senam. 3.6 Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak rimtik. 3.7 Mengetahui konsep dasar pengenalan, gerak dasar lokomotor, permainan dengan alat, dan keselamatan diridi air, terutama yang bekerjasama dengan gerakan kaki, tangan dan tubuh dalam kegiatan air *. 3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah). 3.9 Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan fisik. 3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan fisik. |
4. | Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 4.3 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 4.4 Mempraktikkan cara menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), serta kegiatan pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih kelenturan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhanadan atau tradisional. 4.5 Mempraktikkan variasi banyak sekali pola gerak dasar lebih banyak didominasi statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan bangkit dengan salah satu kaki),serta pola gerak lebih banyak didominasi dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam kegiatan senam. 4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak rimtik. 4.7 Mempraktikkan banyak sekali gerak dasar pengenalan, gerak dasar lokomotor, permainan dengan alat dan keselamatan diridi air, terutama yang bekerjasama dengan gerakan kaki, tangan dan tubuh dalam kegiatan air *. 4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah). 4.9 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan fisik. 4.10 Menceritakan wacana apa yang dilakukan dan dihindari sebelum da |
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
1. | Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya | 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan. |
2. | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya | 2.1 Berperilaku sportif dalam bermain. 2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran. 2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik dalam bentuk permainan. 2.5 Toleransi dan mau menyebarkan dengan sahabat lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan. 2.6 Disiplin selama melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan. |
3. | Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 3.2 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 3.3 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 3.4 Mengetahui cara menentukan dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional. 3.5 Mengetahui konsep kombinasi banyak sekali pola gerak dasar lebih banyak didominasi statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan bangkit dengan salah satu kaki), serta pola gerak lebih banyak didominasi dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam kegiatan senam. 3.6 Mengetahui konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak ritmik. 3.7 Mengetahui konsep gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air dalam kegiatan air. * 3.8 Mengetahui konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan. 3.9 Mengetahui manfaat pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis kegiatan fisik yang diikuti. |
4. | Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 4.3 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 4.4 Mempraktikkan cara menentukan dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan dan pendinginan, serta bergerak secara kuat, tepat, koordinatif dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional. 4.5 Mempraktikkan kombinasi banyak sekali pola gerak dasar lebih banyak didominasi statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan bangkit dengan salah satu kaki), serta pola gerak lebih banyak didominasi dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam kegiatan senam. 4.6 Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor danmanipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak ritmik. 4.7 Mempraktikkan gerak dasar mengambang dan meluncur di air dalam kegiatan air.* 4.8 Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan. 4.9 Memakai pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis kegiatan fisik yang diikuti. |
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
1. | Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya | 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan. 1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta. |
2. | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya | 2.1 Berperilaku sportif dalam bermain. 2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran. 2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik dalam bentuk permainan. 2.5 Toleransi dan mau menyebarkan dengan sahabat lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan. 2.6 Disiplin selama melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan. |
3. | Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. 3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil. 3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari melalui permainan dan atau olahraga tradisional. 3.4 Memahami konsep banyak sekali kegiatan kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat tubuh ideal. 3.5 Memahami konsep kombinasi pola gerak dasar lebih banyak didominasi statis dan dinamis untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: handstand, kayang, meroda, dsb). 3.6 Mengetahui konsep kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya tempat mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak ritmik. 3.7 Mengetahui konsep keterampilan gerak salah satu gaya renang.* 3.8 Memahami konsep masakan bergizi dan jajanan sehat menjaga kesehatan tubuh. 3.9 Memahami dampak kegiatan fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh. 3.10 Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana selama melaksanakan kegiatan fisik. |
4. | Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasipola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. 4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil. 4.3 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional. 4.4 Mempraktikkan banyak sekali kegiatan kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat tubuh ideal. 4.5 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lebih banyak didominasi statis dan dinamis untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: handstand, kayang, meroda, dsb). 4.6 Mempraktikkan gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya tempat mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak ritmik. 4.7 Mempraktikkan keterampilan gerak salah satu gaya renang.* 4.8 Mempraktikkan cara menjaga kesehatan tubuh dengan makan masakan bergizi dan menentukan jajanan sehat. 4.9 Menceritakan secara sederhana dampak kegiatan fisik dan istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh. 4.10 Mempraktikkan cara penanggulangan cidera secara sederhana selama melaksanakan kegiatan fisik. |
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
1. | Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya | 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan. 1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta. |
2. | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air | 2.1 Berperilaku sportif dalam bermain. 2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran. 2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik dalam bentuk permainan. 2.5 Toleransi dan mau menyebarkan dengan sahabat lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan. 2.6 Disiplin selama melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan. |
3. | Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berda sarkan rasa ingin wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain | 3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. 3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil. 3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional. 3.4 Memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri. 3.5 Memahami konsep kegiatan latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory)untuk pengembangan kebugaran jasmani. 3.6 Memahami konsep kombinasi pola gerak lebih banyak didominasi statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam memakai alat 3.7 Memahami konsep kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya tempat dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak ritmik. 3.8 Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam kegiatan air.* 3.9 Memahami manfaat pemeliharaan kebersihan alat reproduksi. 3.10 Memahami cara menjaga diri dari banyak sekali tindakan/perilaku tidak senonoh. 3.11 Memahami ancaman merokok terhadap kesehatan tubuh. 3.12 Memahami dampak kegiatan fisik yang berbeda terhadap tubuh. |
4. | Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. 4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil. 4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional. 4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri. 4.5 Mempraktikk kegiatan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani. 4.6 Mempraktikkan kombinasi pola gerak lebih banyak didominasi statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam memakai alat. 4.7 Mempraktikkan kombinas gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya tempat dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak ritmik. 4.8 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam kegiatan air.* 4.9 Menceritakan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi 4.10 Menceritakan cara menjaga diri dari banyak sekali tindakan/perilaku tidak senonoh, 4.11 Menceritakan ancaman merokok terhadap kesehatan tubuh. 4.12 Menceritakan dampak beberapa kegiatan fisik terhadap tubuh. |
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
1. | Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya | 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan. 1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta. |
2. | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air | 2.1 Berperilaku sportif dalam bermain. 2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran. 2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik dalam bentuk permainan. 2.5 Toleransi dan mau menyebarkan dengan sahabat lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan. 2.6 Disiplin selama melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik. 2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan. |
3. | Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ing in tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain | 3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. 3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil. 3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional. 3.4 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan (dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri. 3.5 Memahami konsep latihan kebugaran jasmani, dan pengukuran status kebugaran jasmani langsung secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melaksanakan push up, menghitung kelentukan tungkai). 3.6 Memahami konsep rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, sempurna dan kontrol yang baik dalam kegiatan senam. 3.7 Memahami konsep penyusunan rangkaian langkah dan ayunan lengan secara sederhana bertema budaya tempat dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak ritmik. 3.8 Memahami konsep keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dan dasar evakuasi terhadap orang lain. 3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular 3.10 Memahami jenis dan cara menghindarkan diri dari ancaman narkotika, psikotropika, dan zat aditif terhadap tubuh. 3.11 Memahami dan cara mengukur kebugaran jasmani dengan salah satu jenis tes kebugaran |
4. | Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerm inkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. 4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam banyak sekali permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil. 4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional. 4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan (dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri. 4.5 Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani, dan pengukuran status kebugaran jasmani langsung secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melaksanakan push up, menghitung kelentukan tungkai). 4.6 Mempraktikkan rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, sempurna dan kontrol yang baik dalam kegiatan senam. 4.7 Mempraktikkan penyusunan rangkaian langkah dan ayunan lengan secara sederhana bertema budaya tempat dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam kegiatan gerak ritmik. 4.8 Mempraktikkan keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dan dasar evakuasi terhadap orang lain. 4.9 Menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular. 4.10 Menyajikan jenis dan cara menghindarkan diri dari ancaman narkotika, psikotropika, dan zat aditif terhadap tubuh. 4.11 Menyajikan cara mengukur kebugaran jasmani dengan salah satu jenis tes kebugaran. |
Comments
Post a Comment